Home > java > From Code Become Culture

From Code Become Culture

Hai sobat kali ini kita bahas kode java pertama kita, yaitu mencetak sebuah kata dengan program javayang sederhana ini. Hubungannya dengan judul diatas ? Yup judul diatas yang saya maksud ialah sebuah kata yang biasa di lakukan oleh orang yang pertama kali mencoba Java kata tersebut yaitu “Hello World.

Untuk mencetak kata tersebut sangat mudah sekali, hanya butuh beberapa baris saja untuk menuliskan kode-kode Java tersebut.

Untuk tempat penulisannya kita bisa menggunakan text editor bawaan masing-masing OS, tapi mungkin ada kekurangannya seperti warna untuk texts yang membedakan antara kode satu dengan lainnya, saya merekomendasikan menggunakan EditPlus


public class HelloWorld{
 public static void main(String args[]){
 System.out.println("Hello World");
 }
}

untuk menjalankannya pertama yang harus di lakukan ialah mengcompilenya karena kode java yang kita tulis harus menjadi byte code yang bisa di baca oleh mesin, bisa anda baca di artikel fase-fase pemograman java kita bisa menggunakan command prompt di windows atau terminal di linux untuk melakukan compile terhadap file tersebut.

gunakan perintah javac HelloWorld.java untuk melakukan compile terhadap file java HelloWorld.java dan gunakan perintah java HelloWorld untuk menjalankan program HelloWorld tersebut. Artinya ketika kita menggunakan perintah javac HelloWorld.java kita mengcompile file tersebut dan membentuk file HelloWorld.class dan perintah java HelloWorld untuk menjalankan program tersebut, mungkin yang jadi pertanyaan kenapa pada saat menjalankan perintah java HelloWorld tidak menggunakan extension .class, karena file tersebut sudah menjadi bytecode yg bisa dibaca oleh mesin jadi kita menjalankannya menggunakan perintah java HelloWorld

* untuk penjelasan kode-kode diatas akan saya bahas di postingan selanjutnya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment